Jumat, 06 Desember 2019

KEGIATAN IN SERVICE 1 WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH DALAM BENTUK PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) ANGKATAN I SMA/SMK KABUPATEN/KOTA SE ACEH PADA KEGIATAN PELATIHAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN ACEH TAHUN 2015













Laporan Pengembangan Diri

DISUSUN OLEH :
ASMI LARASATI, S.Pt
NIP : 19750912 200904 2 002




BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 mengenai Standar Kompetensi Guru menyatakan bahwa guru harus memiliki empat kompetensi utama yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi social, dan kompetensi professional.  Salah satu aspek kompetensi pedagogik adalah guru mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.  Hal itu dapat dilakukan antara lain dengan penelitian tindakan kelas.  Guru juga harus memiliki kompetensi professional yaitu mampu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif yang diantaranya juga dengan melakukan penelitian tindakan kelas.
Namun demikian, masih banyak dijumpai guru yang kesulitan menyusun laporan penelitian tindakan kelas sehingga berimbas pada lambatnya proses kenaikan pangkat, karena menyusun laporan penelitian tindakan kelas disamping untuk meningkatkan kompetensi guru, juga sebagai salah satu syarat untuk dapat naik pangkat.  Oleh karena itu, pelatihan karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Propinsi Aceh sangat dibutuhkan kalangan guru untuk membenatu meningkatkan kompetensinya. 
B.  Tujuan
Tujuan kegiatan In Service 1 Workshop Penulisan Karya Imlmiah dalam Bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini antara lain :
1.  Melatih guru supaya dapat menyusun laporan PTK.
2.  Melatih guru supaya dapat menyusun DUPAK.

BAB II
METODE PELAKSANAAN DIKLAT

A.  Metode
Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari ceramah dan praktek.
B.  Waktu dan Tempat
Kegiatan dilaksanakan tanggal 22 sd 26 Oktober 2015 bertempat di Hotel Lading, Banda Aceh. Jadwal  terlampir pada lampiran 1.
C.  Peserta
Peserta kegiatan terdiri dari 30 orang guru SMA/SMK Kabupaten/Kota SE Aceh.  Daftar peserta terdapat pada lampiran 2.
D.  Materi Diklat
Materi Pelatihan Karya Tulis Ilmiah yang diberikan adalah sebagai berikut :
1.      Konsep Dasar PTK
2.      Penyusunan Bab I.
3.      Penyusunan Bab II
4.      Penyusunan Bab III
5.      Penulisan Artikel Jurnal
6.      Penyusunan DUPAK
7.      Presentasi.



BAB III
HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN

.    A. Konsep Dasar PTK
Materi Konsep Dasar PTK diberikan pada hari ke 2, Jum’at 23 Oktober 2015 dari pukul 08.00 – 12.00.  Sebelum masuk ke materi inti, pemateri menyampaikan empat kriteria belajar :
1.      Konsep
2.      Fakta
3.      Prosedur
4.      Metakognitif (pengetahuan yang satu didukung dengan pengetahuan yang lain).
Disinggung ada 5 kelemahan guru, yaitu :
1.      Kurang memotivasi siswa
2.      Kurang menguasai bahan
3.      Kurang menguasai strategi
4.      Kurang mengetahui IT (akui kelemahan jangan nampakkan kelemahan).
5.      Kurang mampu mengelola kelas
Adapun 3 tipe guru yaitu :
1.      Membunuh karakter anak
2.      Sok tahu
3.      Professional
Pada materi ini pemateri menyampaikan definisi tentang masalah, variable, dan hipotesis.  Masalah adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan.  Sedangkan variable adalah sesuatu yang berubah.  Dua jenis variable yang ada dalam PTK adalah variable Y/terikat/kelemahan siswa/penyakit, contoh : siswa pasif, pemahaman siswa rendah, dan hasil belajar siswa belum memadai.  Variabel yang kedua adalah variable X/bebas/bantuan guru/obat.  Contoh :  penggunaan alat peraga/media, penggunaan strategi/metode yang sesuai dan penggunaan pendekatan/model yang tepat.  Adapun definisi dari hipotesis adalah dugaan/jawaban sementara terhadap suatu masalah yang hendak diteliti yang kebenarannya perlu dibuktikan melalui hasil penelitian. 
Hipotesis dapat dibai menjadi 4 :
1.      H0 yang selalu dimulai dengan kalimat menidakkan.
2.      H alternative, kalimat ada
3.      Hipotesis kerja, kalimat jikamaka
4.      Hipotesis tindakan, kalimat melaluidapat
Selanjutnya pemateri menjelaskan tentang jenis penelitian yaitu kuantitatif (menggunakan H0 dan H alternatif)  dan kualitatif (menggunakan hipotesis kerja dan hipotesis tindakan).  Contoh penelitian yang menggunakan H0 dan H alternatif adalah : tidak ada perbedaan prestasi belajar antara laki-laki dengan perempuan, sedangkan contoh penelitian yang menggunakan hipotesis kerja dan hipotesis tindakan adalah : melalui penggunaan …siswa dapat…
Selanjutnya pemateri menjelaskan juga bahwa dalam PTK alat pengumpul data yang digunakan ada 4 yaitu : wawancara, angket, observasi dan dokumentasi.  Teknik pengumpul data yang digunakan adalah tes dan non tes.  Teknik pengolahan dan analisis yang digunakan dilakukan dengan cara membandingkan hasil tes dan non tes dari siklus I dan siklus II.
Kemudian pemateri juga menjelaskan definisi kata pengantar.  Kata pengantar adalah suatu pernyataan yang mengandung minimal 4 unsur yaitu :
1.      Penyerahan diri kepada Allah
2.      Ucapan terima kasih
3.      Pengakuan kelemahan
4.      Harapan dan doa
Adapun teknik menulis daftar pustaka yang disampaikan adalah :
1.      Nama penulis
2.      Tahun terbit
3.      Judul buku
4.      Kota terbitan
5.      Penerbit
Di sela-sela menjelaskan konsep pemateri menyampaikan adanya 5 kebenaran dalam hidup, yaitu :
1.      Kebenaran indera
2.      Kebenaran logika
3.      Kebenaran pengalaman
4.      Kebenaran intuisi
5.      Kebenaran Allah
Adapun tentang keadilan, juga disampaikan ada lima :
1.      Keadilan distributive/tenaga
2.      Keadilan komutatif/mutu
3.      Keadilan konvensional/kekuasaan
4.      Keadilan legalitas/hukum
5.      Keadilan Allah
Selanjutnya pemateri menyampaikan kembali pengetahuan konsep.  Pengetahuan konsep yang disampaikan adalah tentang pengertian abstrak.  Abstrak adalah suatu kesimpulan dari keseluruhan hasil penelitian yang meliputi :
1.      Permasalahan
2.      Lokasi dan waktu penelitian
3.      Tujuan penelitian
4.      Subyek penelitian
5.      Teknik pengumpulan data
6.      Teknik pengolahan dan analisis data
7.      Hasil
8.      Kata kunci à minimal dua, maksimal tiga
Waktu penelitian umumnya dilaksanakan selama 3-6 bulan dengan minimal 2 siklus yang dalam satu siklus minimal dilakukan dua pertemuan.
Penelitian tindakan kelas terdiri atas PTK proses dan PTK hasil.  PTK proses ada 4 yaitu : keaktifan siswa, motivasi siswa, partisipasi siswa, dan sikap siswa sedangkan PTK hasil yaitu pemahaman siswa, kemampuan siswa, hasil belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Perbedaan antara PTK hasil dengan PTK proses terletak pada teknik pengumpulan data.  Pada PTK proses teknik pengumpulan data melalui observasi/non tes sedangkan PTK hasil pengumpulan data melalui tes dan non tes.
Tujuh kriteria dalam judul PTK adalah :
1.      Variable Y
2.      Variable X
3.      Subyek jelas
4.      Materi jelas
5.      Mapel jelas
6.      Sekolah jelas
7.      Kab/kota
Penyusunan PTK harus mengikuti APIK (Asli, Perlu, Ilmiah dan Konsisten).  Ilmiah artinya logis, sistematis dan aplikatif.  Konsisten artinya, terdapat kesesuaian yang dapat dilihat dari empat hal yaitu : konsisten waktu, tempat, jurusan & jabatan, tulisan.
 
P     B.  Penyusunan Bab I.
Penyusunan Bab I dimulai dengan pemberian tugas kepada peserta untuk membuat judul PTK.  Selanjutnya judul PTK peserta diperiksa dan dikoreksi atau diberi masukan.  Selanjutnya, tugas berikutnya adalah menyusun Bab I.  Salah satu Sub Bab pada Bab I adalah Latar Belakang Masalah.  Menurut pemateri terdapat empat unsur dalam suatu latar belakang, yaitu :
1.      Kondisi awal
2.      Kondisi yang diharapkan
3.      Ada kesenjangan
4.      Solusi
Selesai mengerjakan Bab I, salah satu peserta diminta menampilkan hasil kerjanya sembari dikoreksi dan diberi masukan secara langsung oleh pemateri.
       C.  Penyusunan Bab II
Penyusunan Bab II dimulai dengan membuat kerangkanya.  Kerangka yang dibuat mengacu pada judul PTK.  Dalam Bab II terdapat kerangka berpikir.  Kerangka berpikir adalah suatu asumsi terhadap masalah yang hendak diteliti yang kebenarannya tidak perlu dibuktikan melalui suatu hasil penelitian.  Maka kerangka berpikir sama dengan postulat/anggapan dasar/teori.
Selesai menyusun Bab II, dilanjutkan dengan penjelasan tentang langkah-langkah menyusun makalah dari PTK.  Adapun langkah-langkah menyusun makalah adalah sebagai berikut :
1.      Judul diambil dari judul PTK tetapi dihilangkan kelas dan tempatnya.
Contoh judul PTK :
Penggunaan Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas XI-A Materi Norma Pelajaran PPKN pada SMAN 2 Modal Bangsa Banda Aceh.
Untuk menjadi judul makalah PTK maka menjadi :
Penggunaan Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Materi Norma Pelajaran PPKN.
2.      Bab I Pendahuluan
·         Latar belakang masalah diambil dari latar belakang masalah PTK tetapi dibuang kelas dan tempatnya.
·         Rumusan masalah diambil dari kerangka Bab II PTK ditambah kalimat tanya.
·         Tujuan pembahasan diambil dari permasalahan diatas dibuang kalimat tanya ditambah untuk mengetahui.
·         Manfaat pembahasan diambil dari PTK dan disesuaikan.
3.      Bab II Pembahasan
·         Pengertian
·         Macam atau konsep dasar
·         Manfaat penggunaan…
·         Faktor yang mempengaruhi ..
·         Penggunaan model … dapat meningkatkan hasil belajar…
4.      Bab III Penutup
·         Kesimpulan
·         Saran
Contoh :
1.      Diharapkan kepada teman sejawat khususnya guru produktif dapat menggunakan model…terhadap materi …karena model …. dapat…
2.      Hendaknya para kepala sekolah dapat mengaktifkan MGMP untuk meningkatkan kompetensi.
3.      Hendaknya pihak terkait seperti dinas pendidikan, BKPP, LPMP, Kemenag, NGO dan donator dapat mengadakan pelatihan …dalam hal penggunaan…
        D.  Penyusunan Bab III
Penyusunan Bab III ditugaskan kepada peserta untuk diselesaikan mulai dari pukul 20.00 – 22.00 hari Sabtu dilanjutkan keesokan harinya Sabtu, 25 Oktober 2015.  Selesai penyusunan Bab III, pemateri melanjutkan materi pelatihan berupa penulisan artikel jurnal.
       .   E.  Penulisan Artikel Jurnal
Selesai menyusun artikel jurnal, peserta yang sudah menyelesaikan tugasnya diminta maju ke depan dan mempresentasikan hasilnya.
Terdapat delapan hal langkah-langkah menulis artikel dari PTK
1.      Judul dari judul PTK, huruf kecil tapi tebal.
2.      Nama penulis tanpa gelar, dibawahnya email yang bersangkutan/nama sekolah
3.      Abstrak dan kata kunci
4.      Pendahuluan (latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian dan landasan teori).
5.      Metode penelitian (diambil dari bab III PTK)
6.      Hasil penelitian
7.      Simpulan
8.      Daftar pustaka
Note :
Abstrak diketik 1 spasi font 10 TNR .
Isi pendahuluan-simpulan diketik 1,5 spasi font 11 dibagi 2 kolom.
F     F.  Penyusunan DUPAK
Penyusunan DUPAK disampaikan setelah materi penulisan artikel jurnal.  Pada sesi ini peserta dilatih cara menghitung masa kerja dan membuat DUPAK tahun 2012 dan  2013.  Berikut ini adalah contoh menghitungi AKK (angka kredit kumulatif) :
1.      Amin IIIA memiliki kinerja baik naik pangkat 4 tahun.  Ketentuan nilai kinerja 10,50 x 4 + 3 (PD) + 5 (penunjang) = 50
2.      Aminah IIIB memiliki kinerja baik naik pangkat 4 tahun.  Ketentuan nilai kinerja 9,50 x 4 + 3 (PD) + 5 (penunjang) + 4 (PI) = 50
3.      Ali IIIC memiliki kinerja baik naik pangkat 4 tahun.  Ketentuan nilai kinerja 20,25 x 4 + 3 (PD) + 10 (penunjang) + 6 (PI) = 100
4.      Amin IIID memiliki kinerja baik naik pangkat 4 tahun.  Ketentuan nilai kinerja 19,5 x 4 + 4 (PD) + 10 (penunjang) + 8 (PI) = 100
5.      IVA dan IVB  Ketentuan nilai kinerja 29,75 x 4 + 4 (PD) + 15 (penunjang) + 12 (PI) = 150
S2 jika tidak linear masuk kategori penunjang dengan nilai 10.
Pada PAK dapat dilihat :
1.      Masa penilaian
2.      TTL
3.      No seri karpeg
4.      Masa kerja lama dan baru
5.      Jumlah angka kredit secara rinci
6.      TMT jabatan
TMT pangkat golongan dilihat dari SK
Contoh untuk  mencari masa kerja :
Pak Maun guru SMAN 1 antara gol IVA dengan masa penilaian 1 Juli  2004  sedangkan masa kerjanya
Lama   :  21 tahun, 7 bulan
Baru     :  23 tahun, 9 bulan
Sekarang 2014 dia mau usul ke IVB maka dia harus membuat DUPAK sebanyak 3.
Masa penilaian 1 Juli 2004 – 31 Desember 2012
Masa kerja
Lama   : 23 tahun, 9 bulan
Baru     : ?
1 Juli 2004
2005    = 1
2006    = 2
2007    = 3
2008    = 4
2009    = 5
2010    = 6
2011    = 7
2012    = 8
Hasil = 8 tahun 6 bulan
Jadi masa kerja yang baru
8   tahun 6 bulan
23 tahun 9 bulan
                               +
32 tahun 3 bulan

Masa penilaian 1 Januari 2013 – 31 Desember 2013
Masa kerja lama           : 32 tahun 3 bulan
Masa kerja baru           : 33 tahun 3 bulan
 Masa penilaian 1 Januari 2014 – 31 Desember 2014
Masa kerja lama           : 33 tahun 3 bulan
Masa kerja baru           : 34 tahun 3 bulan
Selanjutnya peserta ditugaskan membuat DUPAK 2014 dan 2015.
        G.  Presentasi.
Hari Senin, 26 Oktober 2015 pada jadwal pelatihan tertera presentasi.  Namun demikian, kegiatan yang sebenarnya adalah pelaksanaan pos tes.  Hal ini disebabkan kegiatan presentasi dilaksanakan bersamaan dengan selesainya setiap tugas dari peserta. 


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.  Kesimpulan
Materi yang diberikan sebagian besar telah memenuhi kebutuhan peserta.  Hal ini ditunjukkan dengan isi materi yang disusun secara sistematis, disampaikan mulai dari pemahaman konsep sampai praktiknya. 
B.  Saran
Saran penulis, kegiatan pelatihan PTK dapat terus dipertahankan agar seluruh guru mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan serupa.  Dengan demikian, dapat mengatasi persoalan guru menyusun laporan PTK.
 


Dokumentasi








Tidak ada komentar:

Posting Komentar