Kamis, 21 Januari 2021

Praktik mengolah susu sapi murni menjadi tahu

Hari Selasa tanggal 19 Januari 2021 yang lalu siswa jurusan Agribisnis Ternak Unggas saya ajak melakukan kegiatan praktik mengolah susu sapi murni menjadi tahu. 

Membuat tahu susu pernah saya praktikkan saat masih kuliah dulu pada mata kuliah teknologi hasil ternak.

 Sulitnya mendapatkan susu sapi murni di kota Langsa tidak menyurutkan saya untuk membagikan ilmu kepada anak2 murid.  Saya memesan susu ke Medan. Dengan harga Rp 15.000 per liternya saya memesan 7 liter dengan ongkos kirim Rp 85.000 ditambah ongkos kotak Rp 45.000.

Pada saat hendak praktik saya menjelaskan terlebih dulu langkah-langkah membuat tahu susu.

Sebanyak dua liter susu sapi murni dipanaskan, dicampur dengan dua setengah botol cuka.  Sambil terus dimasak, susu yang sudah dicampur cuka diaduk perlahan jangan terlalu lama, sampai muncul padatan susu yang terpisah dari airnya.  Selanjutnya, matikan kompor dan saring susu agar terpisah antara padatan dengan yang bagian cair.  Padatan diperas sampai air berkurang banyak.

Padatan susu selanjutnya ditaburi penyedap rasa...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar