Rabu, 10 Februari 2021

Sekelumit coretan untuk pak guru

Satu hari yang lalu, melalui akun Facebook, seorang kawan mengabarkan bahwa Pak Anwari guru agama kami di SMA dulu telah meninggal dunia. Innalillahi wa innailaihi rajiun.  

Mendengar kabar beliau meninggal, aku jadi merasa menyesal..mengapa harus aku tunda kunjunganku ke sekolah di tahun 2017 lalu saat aku singgah di Semarang usai PLPG di Solo.  Padahal Pak Anwari adalah salah satu guru yang aku ingin sekali bertemu.

Aku sangat ingat beliau.  Dan yang paling aku ingat adalah...saat beliau menawarkan kepada siswa-siswi yang mau belajar tambahan usai pulang sekolah..diminta masuk di jam dan kelas yang sudah ditentukan.  Pada saat itu, jam tambahan yang beliau tawarkan adalah tajwid dan bahasa Arab. Beliau mengajar kami dalam satu kelas. Mereka yang belajar bahasa Arab duduk di deretan sebelah kiri sedangkan yang mengikuti pelajaran tajwid duduk di barisan sebelah kanan.  Saat itu, aku mengikuti pelajaran tajwid supaya dapat membaca Alquran dengan baik.

Beliau memberi jam tambahan tidak lama, tidak lebih dari satu jam seingat saya.  Selesai mengajar beliau bergegas pulang.

Satu hal yang aku amati dari apa yang beliau lakukan adalah.  Insya Allah aku yakin..tidak ada honor tambahan yang beliau peroleh dari apa yang sudah beliau berikan.  Aku cenderung yakin bahwa beliau memberi materi tambahan murni karena dorongan jiwa seorang guru agama agar siswa nya dapat  membaca Alquran dengan baik dan mengenal bahasa Arab.

Alhamdulillah...memang aku rasakan setelah belajar tajwid dengan beliau..aku merasa mampu membaca Alquran dengan lebih baik.

Sebagai seorang murid yang sekarang juga menjadi guru...apa yang telah beliau lakukan adalah inspirasi bagiku saat ini.  Guru jaman dulu berbuat tanpa ada tunjangan sertifikasi..tapi yang diberikan ilmu dengan ketulusan. Ya Allah semoga aku mampu menjadi guru seperti beliau.  

Dengan kepergian beliau menghadap Allah...semoga Allah mengampuni dosa beliau dan membalas segala amalannya dengan pembalasan yang lebih baik. Aamiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar